Selamat datang

UPT. PTID merupakan salah satu unit pelaksana teknis IAIN Pontianak mendapatkan tugas strategis untuk menjadi lini terdepan dalam dukungan penyediaan Teknologi Informasi (IT supporting line up) untuk mendukung pengelolaan pendidikan dan tata kelola organisasi. Oleh karena itu, perlu diupayakan peningkatan pelayanan yang efektif, efisien, cepat, mudah, akurat, aman, terpadu dan akuntabel. Salah satu bentuk penerapannya yaitu melalui sistem otomasi pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

UPT. PTID selain tetap menyediakan paket pelatihan komputer, layanan baru yang tersedia adalah pendaftaran hotspot dan layanan Internet Mahasiswa. Pendaftaran hotspot adalah pengaturan setting laptop/handphone untuk dapat login ke hotspot untuk dosen, staf, dan mahasiswa.

Kemajuan perkembangan teknologi telah memberikan dampak yang luas terhadap seluruh sektor kehidupan, tidak terlepas pada sektor pendidikan. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan kontribusi sangat kuat bagi perkembangan dinamika pendidikan, baik dalam proses pembelajaran, informasi produksi ilmu pengetahuan, maupun pegelolaan administrasi di seluruh aspeknya. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet, memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik pada suatu perguruan tinggi terutama untuk kepentingan penguatan penelitian dan pembelajaran. Peran teknologi informasi dalam peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi semakin menjadi perhatian para pengambil kebijakan, apalagi setelah globalisasi informasi dan keterbukaan informasi bagi publik bergulir ke seluruh penjuru dunia.

Oleh sebab itu upaya pentahapan peningkatan kapasitas penyelenggaraan layanan teknologi informasi dilakukan, meliputi pengembangan infrastruktur dan jaringan, peningkatan volume dan luasan area layanan akses teknologi informasi, peningkatan dan penambahan fitur-fitur layanan sistem informasi, peningkatan kapasitas database, maupun peningkatan pemampuan pengelola dan pengguna sistem informasi di lingkungan IAIN Pontianak. Ikhtiar itu dilakukan demi untuk turut serta mendorong akselerasi kinerja kelembagaan IAIN Pontianak untuk memberikan layanan pendidikan yang lebih baik, unggul dan berdaya saing.